Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

MATSAMA 2021 : Materi IPNU dan IPPNU oleh Edo Feri Irawan



Jepara, mamuma.sch.id - Coming soon




Sejarah IPNU ( Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama )

gfjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjj


Sejarah IPPNU ( Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama )

gfjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjj


Asas dan Akidah

Organisasi IPNU dan IPPNU berasaskan Pancasila dan Undang Undang Dasar 1945 yang berakidahkan Ahlussunnah Wal Jamaah An Nahdliyah. Dalam bidang akidah mengikuti Imam Abu Hasan Al Asy’ari dan Imam Abu Mansur Al Maturidi. Selanjutnya dalam bidang fiqih mengikuti salah satu dari Madzhab Empat Imam yaitu Hanafi, Maliki, Syafi’i dan Hambali serta dalam bidang tasawuf mengikuti Imam Junaidi al-Baghdadi dan Imam Ghazali. 

Fungsi dan Tujuan

Didirikannya Ikatan Pelajar Nadlatul Ulama berfungsi :
  1. Wadah perjuangan pelajar Nahdlatul Ulama dan kepelajaran
  2. Wadah kaderisasi pelajar untuk mempersiapkan kader-kader penerus Nahdlatul Ulama dan pemimpin bangsa 
  3. Wadah penguatan pelajar dalam melaksanakan dan mengembangkan Islam Ahlussunnah Wal-jamaah untuk melanjutkan semangat jiwa dan nilai-nilai Nahdliyyah 
  4. Wadah komunikasi pelajar untuk memperkokoh ukhuwah Nahdliyyah, Islamiyyah, Insaniyyah, dan Wathoniyyah
Sedangkan fungsi didirikannya Ikatan Pelajar Putri ialah :
  1. Wadah berhimpun pelajar putri Nahdlatul Ulama untuk melanjutkan nilai-nilai dan cita-cita perjuangan NU 
  2. Wadah komunikasi, interaksi dan integrasi pelajar putri Nahdlatul  Ulama untuk menggalang ukhuwah Islamiyah dan  mengembangkan syiar Islam Ahlussunah wal Jama’ah An Nahdiyah 
  3. Wadah kaderisasi dan keilmuan pelajar putri Nahdlatul Ulama untuk mempersiapkan kader-kader bangsa
Tujuan dibentuk Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama adalah erbentuknya pelajar bangsa yang bertaqwa kepada Allah SWT, berilmu, berakhlak mulia, berwawasan kebangsaan dan kebhinekaan serta bertanggungjawab atas terlaksananya syari’at Islam Ahlussunnah Wal-jamaah An Nahdliyah.

Sedangkan tujuan dibentuknya IPPNU yakni terbentuknya pelajar putri Indonesia yang  bertakwa kepada Allah SWT, berilmu, berakhlak mulia dan berwawasan kebangsaan serta bertanggung jawab atas tegak dan terlaksananya syariat Islam menurut paham Ahlussunah wal Jamaah An Nahdiyah dengan tetap menjunjung tinggi nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila dan UUD 1945 yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 demi tegaknya NKRI.

Lambang

Lambang IPNU berbentuk bulat dengan ornamen :
  1. Warna dasar hijau, berlingkar kuning di tepinya dengan diapit dua lingkaran  putih.
  2. Di bagian atas tercantum akronim “IPNU” yang menggunakan font Cambria  dengan tiga titik di antaranya dan diapit oleh tiga garis lurus pendek, yang satu diantaranya lebih panjang pada bagian kanan dan kirinya semua berwarna putih. 
  3. Di bawahnya terdapat sembilan bintang. Lima terletak sejajar, yang satu di antaranya lebih besar terletak di tengah dan empat bintang lainnya terletak mengapit membentuk segi tiga. Semua berwarna kuning. 
  4. Di antara bintang yang mengapit, tedapat dua kitab dan dua bulu angsa bersilang berwarna putih. 

Lambang IPPNU berbentuk segitiga sama sisi dengan ornamen :
  1. Warna dasar hijau dikelilingi garis warna kuning yang kedua  tepinya diapit oleh warna putih;
  2. Isi lambang: bintang sembilan (satu terletak diatas, empat buah  menurun disisi kanan, empat buah lainnya menurun disisi kiri berwarna kuning), dua kitab dan dua bulu angsa bersilang untuk ujung mata pena berwarna putih serta dua bunga melati putih di kedua sudut bawah lambang; 
  3. Tulisan IPPNU dengan lima titik di belakang huruf berwarna putih berada di bawah bulu angsa dan di antara dua kuncup bunga melati putih. 

Struktur Organisasi

Struktur Organisasi IPNU dan IPPNU terdiri dari: 
  1. Pimpinan Pusat untuk tingkat nasional, disingkat PP. dengan masa khidmah 3 tahun
  2. Pimpinan Wilayah untuk tingkat propinsi, disingkat PW. dengan masa khidmah 3 tahun
  3. Pimpinan Cabang untuk tingkat kabupaten/kota atau daerah yang disamakan  dengan kabupaten/kota, disingkat PC. dengan masa khidmah 2 tahun
  4. Pimpinan Cabang Istimewa untuk luar negeri, disingkat PCI. dengan masa khidmah 2 tahun
  5. Pimpinan Anak Cabang untuk tingkat kecamatan, disingkat PAC. dengan masa khidmah 2 tahun
  6. Pimpinan Komisariat untuk tingkat lembaga perguruan tinggi, disingkat PKPT. dengan masa khidmah 2 tahun
  7. Pimpinan Komisariat untuk tingkat lembaga pendidikan, disingkat PK. dengan masa khidmah 2 tahun
  8. Pimpinan Ranting untuk tingkat desa atau kelurahan dan sejenisnya,  disingkat PR. dengan masa khidmah 2 tahun
  9. Pimpinan Anak Ranting untuk tingkat komunitas atau kelompok tertentu  dalam ruang lingkup desa atau kelurahan, disingkat PAR. dengan masa khidmah 2 tahun

Kaderisasi

Struktur pelatihan kader IPNU dan IPPNU dibagi menjadi 2 klasifikasi  yakni berjenjang dan jenis diantaranya :

Berjenjang

  1. Masa Kesetiaan Anggota, selanjutnya disebut MAKESTA  adalah pendidikan kader jenjang awal dalam sistem kaderisasi IPNU IPPNU yang dimaksudkan untuk mencetak dan menjadi pintu masuk menjadi anggota IPNU IPPNU.
  2. Pelatihan Kader Muda, selanjutnya disebut LAKMUD, adalah pelatihan kader jenjang menengah dalam sistem kaderisasi IPNU IPPNU yang dimaksudkan untuk mencetak kader
  3. Pelatihan Kader Utama, selanjutnya disebut LAKUT, adalah pelatihan kader jenjang lanjut dalam sistem kaderisasi IPNU yang maksudkan untuk mencetak kader pemimpin

Jenis

  1. Pelatihan Kepemimpinan Nasional, selanjutnya disebut LAKNAS, adalah pelatihan kader jenjang tertinggi dalam sistem kaderisasi IPNU yang dimaksudkan untuk mencetak pemimpin penggerak
  2. Latihan Instruktuktur Pertama, selanjutnya disebut (LATIN 1), adalah pelatihan bagi Calon intruktur untuk mencetak Instruktur yang bersertifikasi untuk mengkordinir, memfasilitasi, mendoktrin dan meluluskan pelatihan kader tingkat MAKESTA dan LAKMUD
  3. Latihan Instruktur Kedua, selanjutnya disebut (LATIN 2), adalah pelatihan bagi Calon intruktur untuk mencetak Intruktur yang bersertifikasi untuk mengkordinir, memfasilitasi, mendoktrin dan meluluskan pelatihan kader sesuai klasifikasinya
Kemudian jalur pelatihan kader terdiri dari 3 yakni :
  1. Pelatihan Kaderisasi Formal
  2. Pelatihan Kaderisasi in-Formal
  3. Pelatihan kaderisasi non-Formal

Orientasi

Orientasi IPNU berpijak pada kesemestaan organisasi dan anggotanya untuk senantiasa menempatkan gerakannya pada ranah keterpelajaran dengan kaidah “belajar, berjuang, dan bertaqwa,” yang bercorak dasar dengan wawasan kebangsaan, keislaman, keilmuan, kekaderan, dan keterpelajaran. semangat trilogi gerakan, yaitu Belajar, Berjuang dan Bertaqwa

Daftar Pustaka

  1. Hasil Keputusan Kongres IPPNU ke-XVII Tahun 2018
  2. Hasil Keputusan Kongres IPNU ke XIX Tahun 2018
  3. https://pagarnusa.online/sejarah-berdirinya-ippnu-ikatan-pelajar-putri-nahdlatul-ulama/

Post a Comment for "MATSAMA 2021 : Materi IPNU dan IPPNU oleh Edo Feri Irawan"